Telah Dibaca : 995 Kali

Dishub Banyuasin Lakukan Pendataan Lalu Lintas Harian Rata-rata di 3 Titik Lokasi

Antisipasi terhadap kecelakaan dan kemacetan pada beberapa titik ruas jalan di wilayah Kabupaten Banyuasin, tidak cukup hanya mengandalkan petugas lapangan. Perlu langkah-langkah strategis untuk kemudian dituangkan dalam kebijakan pelayanan masyarakat luas. untuk itu dalam rangka penyusunan kebijakan, norma,  standar dan prosedur Bidang Perhubungan diperlukan data yang akurat dan valid yang mampu menampilkan kondisi terkini permasalahan yang ada.

Pada tanggal 20 s.d 24 Februari, Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin melalui Bidang Pengembangan Teknologi Perhubungan melaksanakan Kegiatan Rutin pengumpulan data Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) di 3 titik ruas jalan wilayah Kabupaten Banyuasin. Ketiga titik tersebut masing-masing ; Jalan Palembang – Betung, Talang Kelapa, Jalan Sabar Jaya, Mariana  dan Jalan Palembang-Tj. Api api, Talang Keramat. Adapun komponen lalu lintas yang dihitung meliputi ; Kendaraan Truk, Mobil Pribadi, Kendaraan roda dua, roda tiga hingga kendaraan tidak bermotor. Metode penghitungan dilakukan secara manual dimana petugas menggunakan alat counter, menghitung satu persatu kendaraan yang melintas dalam kurun waktu pengamatan yang telah ditentukan, dengan demikian akurasi data Lalu Lintas dapat dikumpulkan dengan tingkat bias data yang minimal.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Dinas Perhubungan Supriadi, SE, M.Str, mengungkapkan “ketiga titik tersebut dipilih mengingat asumsi  kepadatan harian yang cukup tinggi dilokasi, sehingga prioritas kebijakan lalu Lintas di kemudian hari dapat lebih difokuskan ke lokasi yang tepat”. Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh beliau, Kepala Bidang Pengembangan dan Teknologi Perhubungan, Drs. H. Asdin, mengatakan; “Kegiatan ini akan terus dilanjutkan dan terus ditingkatkan dikemudian hari, untuk kemudian juga frekuensi pengumpulan datanya dapat diperbanyak lagi, mengingat pada waktu-waktu dan bulan-bulan tertentu jalan di wilayah Kabupaten Banyuasin sangat rawan kemacetan dan kecelakaan.”/(ftsh)

File_000 (1)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*