Telah Dibaca : 630 Kali

Optimalkan Analisa Dampak Lalu Lintas, Dishub Provinsi Sumsel gelar Forum Diskusi Traffic Board

Andalalin Dishub Sosialisasi

Acara Forum Diskusi Traffic Board Propinsi Sumatera Selatan digelar di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Selatan (Selasa/28 Februari 2017). Bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan jaringan jalan dan gerakan lalu lintas dalam rangka menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan serta peran menegaskan peran analisa dampak lalu lintas terhadap pembangunan di Sumatera Selatan, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan bekerja sama Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Selatan mengundang seluruh pemangku kepentingan terkait pembangunan di Sumatera Selatan dari Instansi Pemerintah, Kepolisian maupun dari pihak swasta dan Lembaga Swadaya Manusia untuk ikut duduk bersama dalam diskusi traffic board ini.

Acara ini bersifat diskusi panel dengan narasumber dari Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan, Bapak H. Nasrum Umar yang memaparkan tentang penerapan UU No. 32 Tahun 2011 tentang Manajemen Rekayasa, Analisa Dampak dan Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas, dari Kepolisian narasumber dari Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Bapak Kombes R. Selamet Santoso yang memaparkan tentang pertumbuhan lalu lintas di Sumatera Selatan, Permasalahan Lalu Lintas dan Penegakan Hukum di bidang lalu lintas, narasumber berikutnya dari Balai Besar Jalan Nasional dan Bappeda Propinsi Sumatera Selatan yang memaparkan tentang rencana perluasan dan pengembangan jalan raya nasional di Sumatera Selatan.

Lebih rinci, dijelaskan oleh Kadishub Propinsi Sumatera Selatan bahwasannya setiap rencana pembangunan baru ataupun pengembangan, menurut UU.No.32 Tahun 2011 dan dipertegas oleh Peraturan Menteri Perhubungan No.75 Tahun 2015, berupa pusat kegiatan, pemukiman, dan infrastruktur yang akan menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan dan kelancaran lalu lintas dan angkutan  WAJIB untuk dilakukan  analisis Dampak Lalu Lintas yang outputnya dituangkan kedalam dokumen analisa dampak lalu lintas dari pemerintah terkait yang dianalisa secara teknis oleh tenaga ahli bersertifikat dari Kementerian Perhubungan.

Berbagai undangan berasal dari jajaran kepolisian yang menangani bidang lalu lintas di seluruh kabupaten/kota di Propinsi, Dinas Perhubungan, Bappeda, Instansi Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, LSM, pihak asuransi, Konsultan Proyek,   dari berbagai daerah kabupaten/kota di Propinsi Sumatera Selatan membuat acara ini sangat menyentuh berbagai kalangan pemangku kepentingan dalam proyek pembangunan di daerah.

Kabupaten Banyuasin sendiri pada forum ini, dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Seksi Analisa Dampak Lalu lintas Dinas Perhubungan, Sekretaris Bappeda Banyuasin, Kepala Trantib Pol PP Banyuasin, serta beberapa pejabat struktural dari PU Tata Ruang Banyuasin, serta Kepala Satuan dan Kepala Unit terkait di jajaran Kepolisian Banyuasin,.

Pelaksanaan rapat koordinasi ini diharapkan mampu mempertegas pelaksanaan Analisa Dampak Lalu Lintas serta mempererat forum komunikasi antar lembaga yang terkait  Analisa Dampak Lalu Lintas sehingga komunikasi antar instansi akan mempermudah pengambilan keputusan yang mengedepakan asas win-win solution bagi pemangku kepentingan pembangunan di Sumatera Selatan.(ftsh)

IMG_0851

IMG_0858

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*