Telah Dibaca : 692 Kali

Dishub Banyuasin Gelar Sosialisasi Penyuluhan Ketertiban Keamanan dan Keselamatan Perairan di dermaga Muara Kumbang, Mariana

IMG_20170331_103352Menurut apa yang  tertuang dalam PP Nomor 88 Tahun 1999 bahwasannya angkutan perairan mempunyai peranan yang strategis dalam memantapkan perwujudan wawasan nusantara, dan juga sebagai kegiatan usaha yang dapat meningkatkan ekonomi suatu daerah. Untuk itu Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin pada 29 – 30 Maret 2017, mengadakan sosialisasi penyuluhan Ketertiban Keamanan dan Keselamatan Perairan dengan menekankan pada layanan pembuatan dokumen untuk kapal dibawah 7 GT di wilayah perairan Muara Kumbang.

Dishub Banyuasin Sosialisasi di Perairan Muara KumbangPada sosialisasi ini dishub melalui Bidang Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal, bekerja sama dengan Kepolisian Airud Daerah Sumsel, petugas Dishub memberikan penyuluhan dan sosialisasi langsung kepada pemilik kapal dan Anak Buah Kapal akan pentingnya dokumen dan keselamatan di perairan. Hasilnya ditemukan 6 kapal berstandar 7GT kebawah dengan rincian 5 kapal telah patuh dan taat memiliki dokumen kelengkapan kapal dari instansi terkait dan 1 Kapal yang tidak memiliki zin dan dokumen kapal sama sekali.

Kepada 1 kapal yang tidak memiliki kelengkapan dilakukan layanan jemput bola ditempat atau pembuatan dokumen kapal secara langsung dan ditempaat tanpa dipungut biaya (GRATIS), hal ini sebagai bentuk layanan dishub untuk mempermudah dan memberikan bantuan terhadap kegiatan ekonomi masyarakat kecil.

Kepala Dinas Perhubungan, ditemui di ruang kerjanya, mengemukakan bahwa kegiatan ini sebagai agenda rutin Dinas Perhubungan sebagai bentuk respon pemerintah terhadap aktivitas ekonomi di wilayah perairan kabupaten Banyuasin, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dan mencari nafkah secara tertib dan taat hukum.

Sedangkan Kepala Bidang ASDP, Bapak Puji Setiono, SE, yang turut bersama-sama dilokasi mengatakan untuk tahun ini dilakukan beberapa kali sosialiasi di berbagai titik perairan mengingat wilayah administrasi Banyuasin yang sangat luas maka potensi kepatuhan hukum dalam wilayah perairan harus juga terkoordinir semaksimal mungkin, dimana wilayah tersebut antara lain di Dermaga Gasing, Dermaga Muara Kumbang dan wilayah Sungsang. Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Seksi Angkutan Sungai Bapak Jon Heri, bersama staff terlihat sibk mengatur jalur tambat dermaga dan melakukan sosialisasi pada ABK yang ada, Jon mengatakan bahwa ” Pelayanan Pembuatan Dokumen Kapal secara cepat dan dilakukan ditempat ini merupakan layanan jemput bola guna mempermudah pihak pemilik kapal untuk membuat surat menyurat, karena dirasakan ke Pangkalan Balai sangat jauh bagi mereka dan memakan biaya dan tenaga,.”

20170329_115630

Layanan pembuatan dokumen di tempat dilakukan terhadap kapal-kapal dengan muatan 7GT kebawah yang telah memiliki pe

rsyaratan dan kelengkapan yang dinyatakan lengkap, namun, untuk kapal yang belum memiliki persyaratan atau beum lengkap dihimbau untuk mengurus dokumen yanag dimaksud ke Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuasin di Pangkalan Balai. (/ftsh)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*