Sosialisasi Penerapan Rute Aman Selamat ke Sekolah di SMKN 1 Suak Tapeh

RASS Dishub Banyuasin

Dalam rangka memberikan dan membekali pengetahuan pada para siswa/pelajar tentang dasar-dasar keselamatan dalam beraktivitas berangkat dan pulang sekolah, serta upaya membentuk dan mengugah kesadaran dalam berlalu lintas melalui pengenalan rambu-rambu petunjuk serta arahan lalu lintas sekaligus mempererat komunikasi dan koordinasi antar stakeholder keselamatan sekolah demi terciptanya kondisi aman selamat ke sekolah (Guru, Siswa, Orang Tua, Pemerintah, Jasaraharja dan Instansi terkait lainnya), Dinas Perhubungan melalui kegiatan Bidang Pengembangan dan Teknologi Perhubungan menyelenggarakan Sosialisasi dan Pengenalan Dasar-dasar keselamatan berlalu lintas Rute Aman Selamat ke Sekolah.

Kegiatan ini bertempat di SMKN 1 Suak Tapeh yang dipilih dikarenakan kondisi loasi sekolah yang berada pada daerah rawan kecelakaan dan pada lalu lintas. Kepala Dinas Perhubungan melalui Sekretaris Dinas Perhubungan menyampaikan sambutannya bahwa program keselamatan lalu lintas di sekolah sangat perlu terus dilakukan mengingat angka kecelakaan di usia pelajar masih sangat tinggi.

Sedangkan, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Seksi Analisa Dampak Lalu Lintas bidang Pengembangan dan Teknologi Perhubungan, Irwanto, S.IP, MAP, MIDS menyebutkan bahwa sosialisasi ini merupakan amanah dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 16/Tahun 2016 yang mengatur tentang Penerapan dan Sosialisasi Rute Aman Selamat ke Sekolah yang juga merupakan adopsi dari program international “Safe Route to School”.

Kepala Sekolah SMKN M. Syafwan, MM selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Suak Tapeh menyambut baik dan antusias acara yang diselenggarakan di sekolahnya ini, dan mengharapkan para peserta Sosialisasi yang terdiri Siswa SMKN kelas X dan XI dapat menjadi “peluncur” dan menjadi contoh atas program terkait terhadap teman-teman mereka yang tidak ikut menjai peserta sosialisasi. Pada kesempatan ini menjadi Narasumber antara lain : Bpk Komarudin dari Jasa Raharja, Bpk Irlansyah, S.Sos, M.Si Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas ASDP, Kiki Nurtania, A.Md.LLAJ, Kepala Seksi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*